Seminar E-healthcare di JIH 19 April 2008

Teknologi informasi saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan dan bisnis modern, tidak terkecuali dalam pelayanan kesehatan. Dalam bidang pelayanan kesehatan, jargon yang sering digunakan adalah e-healthcare atau yang lebih luas lagi adalah e-health. Akan tetapi, sektor ini relatif jauh tertinggal dibandingkan bidang lainnya dalam mengadopsi teknologi informasi. Meskipun sudah semakin banyak yang mengadopsi (early adopters), ternyata pratek dan risiko kegagalan cukup besar. Oleh karena itu perlu dikaji bagaimana strategi adopsi dan implementasi untuk meminimalisir risiko kegagalan.  Minat Simkes S2 IKM FK UGM bekerjasama dengan JIH (Jogja International Hospital) akan membahasnya dalam suatu seminar E-Healthcare: Strategi Adopsi dan Implementasi Teknologi Informasi untuk Pelayanan Kesehatan pada Sabtu, 19 April 2008 di Auditorium JIH dari pukul 08.00 -13.30. Acara ini akan membahas topik berikut:

  • E-healthcare: mengadopsi teknologi informasi dalam pelayanan kesehatan (Prof. Hari Kusnanto, DrPh, Ketua Minat SIMKES UGM dan Dir. Program Studi S2 IKM UGM). Materi ini akan membahas konsep e-healthcare serta roadmap bagi organisasi pelayanan kesehatan untuk mengadopsi teknologi informasi sebagai bagian integral dalam proses bisnisnya.

  • Implementasi teknologi informasi di JIH (Bambang Pediantoro, SE, MM, Senior Manajer Umum & Keuangan JIH). Sebagai rumah sakit baru, JIH akan menyajikan strategi mereka dalam menerapkan teknologi informasi untuk mendukung pertumbuhan organisasi.

  • Computerized Physician Order Entry di Gadjah Mada Medical Centre (Prof. dr. Ali Gufron Mukti, MSc, PhD, Direktur Gadjahmada Medical Center). GMC adalah unit pelayanan managed care di lingkungan Universitas Gadjah Mada yang telah menerapkan komputerisasi untuk pencatatan data klinis secara langsung oleh dokter(computerized physician order entry). Materi ini akan menguraikan keberhasilan mendorong dokter sebagai pengguna langsung sistem berbasis komputer di tengah pesimisme bahwa dokter adalah pihak yang paling resisten terhadap TI.

  • Peran SMS dan internet dalam pelayanan laboratorium klinik (dr. Gideon Hartono, Dirut Apotik K-24 dan Hi-lab Diagnostik Center). Sebagai pemain baru dalam pelayanan laboratorium klinik, penyaji akan menguraikan strategi Hi-Lab diagnostik Center dalam mengintegrasikan peralatan laboratorium dengan database dan perangkat komunikasi sehingga dapat memberikan informasi secara cepat kepada konsumen sebagai salah satu nilai lebih (value added) dibandingkan kompetitor mereka.

  • Pengalaman penerapan teknologi informasi di RSUP Dr. Sardjito (dr. Gogot Suyitno, SpRad KN, RSUP dr. Sardjito, Jogjakarta). Sebagai rumah sakit tipe A pendidikan, RSUP Dr. Sardjito telah beberapa kali mengalami perubahan strategi dalam mengadopsi teknologi informasi dengan berbagai risiko dari segi biaya maupun inefektivitas pelayanan. Bahwa ehealthcare sangat dipengaruhi oleh faktor politis dan kemampuan SDM akan ditekankan di sini.

  • Adopsi dan implementasi TI dalam pelayanan kesehatan: mengapa sukses dan mengapa gagal (Anis Fuad, DEA, dosen SIMKES S2 IKM UGM). Materi ini akan membahas faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan serta strategi untuk meminimalisir kegagalan dan meningkatkan peluang keberhasilan.

Kontribusi:
Mahasiswa S2 IKM UGM Rp 100.000,00
Alumni S2 IKM UGM Rp 150.000,00
Umum Rp 200.000,00

Info lebih lanjut:
Estu/Nia
Telp/Fax.(0274) 549432
Gedung IKM Lt. 3 (R.301) Fak.
Kedokteran UGM
Jl. Farmako, Bulaksumur, Yogyakarta
email:simkes@ugm.ac.id

2 Tanggapan to “Seminar E-healthcare di JIH 19 April 2008”

  1. Seminar Ultah JIH » Indonesia Physician Weblog Says:

    […] informasi selengkapnya seputar Seminar eHealth ini pada tulisan Seminar eHealthcare di JIH 19 April 2008 (Blog Pak Anis Fuad) SEMINAR MANAJEMEN KARDIO RESPIRASI DAN VENTILATOR TERKINI ( Khusus Dokter […]

  2. solusisehat28 Says:

    pokonamah gury gury ennyoy
    pengobatan kanker payudara


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: