Prospek "Telemedicine" di Era 3G

Meskipun kehadirannya disambut dengan penuh harap, kemampuan 3G untuk meningkatkan produktivitas masih diragukan (Kompas, 27/11/2006). Hal ini juga ditunjukkan oleh iklan 3G di teve yang tidak jauh-jauh dari entertainment dan fun. Manfaat 3G untuk aktivitas yang lebih serius (baca: meningkatkan produktivitas) belum dipromosikan secara optimal. Salah satunya adalah untuk telemedicine.

Telemedicine pada prinsipnya adalah penyelenggaraan pelayanan kedokteran secara jarak jauh. Bentuknya bisa bermacam-macam, ada yang berlangsung secara real time ada pula yang tidak (asynchronous).

Fungsinya pun bervariasi, dapat berupa telelearning (untuk mendukung pembelajaran/pendidikan kedokteran), telekonsultasi (konsultasi kedokteran jarak jauh dengan dokter spesialis atau yang lebih berpengalaman), sampai ke pelayanan kedokteran langsung seperti telesurgery (praktik bedah jarak jauh). Hampir semua spesialisasi dalam kedokteran dapat menerapkan telemedicine sehingga akan dikenal berbagai istilah seperti teleradiologi, telepsikiatri, telepatologi, sampai ke teledermatologi.

Lebih lanjut baca di Kompas 18 Desember 2006.

7 Tanggapan to “Prospek "Telemedicine" di Era 3G”

  1. hudahttp://huda.orgfree.com Says:

    Iya, memang Pak. Kalo iklan2 di TV kan memang dibuat semenarik mungkin. Untuk aplikasi di bidang telemedicine, memang seharusnya para dokter bangkit sendiri, gak usah nunggu orang2 IT buat nawarin membikin sistemnya🙂.

    Malah kalau perlu para dokter melobby pihak2 provider buat memberikan harga khusus untuk aplikasi telemedicine yang menggunakan 3G

  2. Dani Iswara Says:

    artinya..ayo bikin proposalnya..🙂

    [kl dah ada yg punya..pinjem HP/PDA 3G-nya dong..]

  3. anis Says:

    he…he… kembali lagi, siapa yg mau jadi koordinatornya? gimana kalau mhs Simkes yg kebagian tugas bikin proposal utk provider?

  4. mina Says:

    waduh nis, kasian amat mahasiswanya ditambah2 tugas bikin proposal segala😀

    kayaknya harapan bisa pake telemedicine di Indo masih jauh banget deh. butuh banyak infrastruktur. koneksi internet juga tidak murah *miris liat tagihan telpon bulan lalu*

  5. cakmoki Says:

    Pak Anis, mohon ijin nge-link ke posting sy aplikasi informatika kedokteran … ya (mimpinya sama sih)
    Omong-omong 3G, ada pengalaman makai ngga … agak “kebelet” masih ngempet
    🙂

  6. anis Says:

    mina: lho bukannya malahan membantu mhs biar cepat bikin tesis🙂

    cakmoki: sy kira ini mimpi semua orang. cuma yg merasa sudah berinvestasi banyak bermimpinya bagaimana investasinya cepet balik. waktu sy survei ke mhs keperawatan ada 1 yg sudah pake 3G. Sy sendiri blm pernah pake baik yg fun maupun yg serius. Kl ngliat TVmobi sudah…tapi yg gitu aja….

  7. mina Says:

    oh proposal jadi tesis?😀

    cakmoki: belum pernah coba saya, karena di sini tak ada 3G. tapi kalo liat advertorialnya telkomsel, kok kayaknya untuk video putus2 gitu ya. mana mahal lagi pulsanya huh.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: