APAMI 2006 berakhir…..

Kemarin, 30 Oktober 2006, kongres tiga tahunan perhimpunan informatika kedokteran se-Asia Pasifik (APAMI=Asia Pacific Association of Medical Informatics) berakhir. Sebenarnya, secara resmi kongres ditutup pada 29 Oktober, tetapi aku masih mengikuti kunjungan ke Wan Fang Taipei Municipal Hospital, sebelum meneruskan kunjungan ke Asia University di Taichung. Sebagai salah satu kelompok regional di bawah IMIA (International Medical Informatics Association), APAMI telah menyelenggarakan 4 kongres yang diselenggarakan di Singapura (1994), Sydney(1997), Hongkong(2000) dan terakhir Seoul(2003). APAMI berikutnya akan diselenggarakan di Jepang (2009). Ini sebenarnya kali kedua mengikuti kongres APAMI. Yang pertama, aku mendapatkan travel fund dari KC untuk datang ke Sydney, tanpa membuat paper. Sekarang, selain mendapatkan travel fund, paper yang kupresentasikan juga dapat award. Padahal juga nggak bagus-bagus amat.
waktu presentasi paper
ketemu KC lagi dapat award
Selain itu, hal penting yang aku dapat dari kegiatan ini adalah jaringan. Alvin (dari perhimpunan informatika kesehatan Filipina) dan HM Goh (sekjen APAMI dari Malaysia) mengajakku merumuskan pertemuan khusus untuk negara-negara berkembang. Boleh dikatakan Indonesia ketinggalan banget. Tidak hanya dari aspek organisasi, tetapi juga pengembangan keilmuan serta penerapannya. Sudah bukan saatnya lagi untuk udreg-udregan tentang politik perhimpunan. Filipina pernah mengalami hal serupa tetapi sekarang sudah relatif stabil. Dalam organisasi, kita kadang memerlukan tokoh yang memiliki akses dan kedekatan dengan pengambil kebijakan. Oleh karena itulah diperlukan orang yang dapat memberikan masukan agar si pemimpin ini bisa melakukan advokasi dan mengambil keputusan strategis baik di tingkat nasional maupun sebagai penghubung komunikasi dengan organisasi global (IMIA serta APAMI).

Sekarang, aku sedang merangkum hasil kegiatan kongres kemarin. Dalam waktu dekat tentu saja akan aku masukkan ke blog maupun berbagai media lainnya (kalau diterima…). Bagi yang berminat mendapatkan prosiding (CD) atau fotokopinya silakan menghubungi saya secara japri. Saya kemarin membeli buku terbaru Shortliffe, Biomedical Informatics: Computer applications in Health Care and Biomedicine, Health informatics: a sociotechnical perspective (Sue Whetton) serta IMIA Yearbook 2006. OK..gitu dulu ya…. (mau ke Taipei Medical University dulu….)
nunggu tanda tangan Ted Shortliffe di buku terbarunya

6 Tanggapan to “APAMI 2006 berakhir…..”

  1. Dani Iswara Says:

    sukses pak anis, hrsnya titip buku nih..😀

  2. RIDO DAMANIK Says:

    Selamat dan sukses buat pak anis.
    Nanti balik dari sana, pengalamannya dibagi ke kita pak anis ya…

  3. anis Says:

    dani & rido: thanks…tahun depan (2007)ada konferensi paling bergengsi informatika kedokteran di Brisbane MEDINFO. mau bergabung?…

  4. Anonymous Says:

    Sukses berat tuk pak Fuad, saya memang bukan orang kesehatan tapi saya suka baca topik patient safety dulu suka browsing artikel itu sekarang jd kangen hehehe…btw fotonya bagus2 n nulisnya runtut, walopun isi presentasinya dibilang ga bagus-bagus amat tapi ternyata keberanian adalah nilai plus unt dapet award… saya setuju ama rido, pengalaman mesti dibagi…
    (hjkl;)

  5. anis Says:

    anonymous, thanks atas masukannya. lewat blog ini mungkin saya bisa berbagi. kalau butuh CD apami, kontak saya aja…

  6. Anonymous Says:

    by the way,pak fuad yg mana yah koq ga keliatan dipoto bareng2nya…??? CD nya ditunggu…


Tinggalkan Balasan

