Metodologi penelitian untuk sistem informasi kesehatan

Topik: informatika kesehatan masyarakat, IKM

Dari sembilan belas mahasiswa SIMKES angkatan pertama, baru 2 orang yang sudah melangsungkan ujian proposal. Lainnya, sebagian besar sudah mulai konsultasi dengan para pembimbing. Dalam waktu dekat, semoga akan semakin banyak yang menyusul. Dalam beberapa hal, metodologi penelitian untuk sistem informasi kesehatan memang berbeda dengan metodologi penelitian untuk ilmu kesehatan masyarakat pada umumnya. Tahun kemarin, mata kuliah metodologi penelitian memang tidak didesain secara khusus mengarahkan kepada aplikasi untuk sistem informasi kesehatan. Oleh karena itu, secara jujur saya angkat topi melihat semangat mereka dalam menulis proposal.

Tahun ini perkuliahan metodologi penelitian sedikit berubah, meskipun tidak berbeda secara total dengan acuan yang telah ditentukan oleh Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat. Sebagai contoh, ada satu pertemuan khusus membahas tentang studi kasus. Demikian juga, “action research” mendapatkan tekanan khusus pada topik penelitian kualitatif. Selain itu, quasi experiment study lebih ditekankan daripada penelitian eksperimental. Metode lainnya seperti etnografi, analisis arsip, simulasi serta benchmarking tidak akang disinggun secara rinci.

Saat ini, aku sedang mengumpulkan bahan bacaan untuk mahasiswa mengenai beragam metode penelitian sistem informasi serta contoh aplikasinya di sektor kesehatan. Buku bacaan utama adalah Evaluating health care information systems: methods and application dari Anderson, Aydin dan Jay . Beberapa bacaan saya dapatkan dari MIS Quarterly, Information Systems Reesearch Journal, Journal of Research Practice, Communication of the AIS, serta berbagai jurnal lainnya yang dapat ditemukan atas bantuan Google, Google Scholar, EBSCO , Medline maupun account perpustakaan elektronik dari RUG. Semua link dan materi elektronik nanti akan diposting di E-learning SIMKES, termasuk panduan mengirimkan tugas menurut kelompok. Ujian akhir adalah presentasi proposal menurut kelompok masing-masing.

11 Tanggapan to “Metodologi penelitian untuk sistem informasi kesehatan”

  1. fahmi Says:

    Saya sangat senang, karena masih ada yang peduli dengan pendidikan. Terutama dalam pembuatan prposal. Saya masih mencari topik yang menarik. kalau ada tlng ksh tau ya..

  2. astri Says:

    slmat malam,,,kebutuhan mahsiswa kesehatan masyarakat untuk pembuatan proposal penelitian merupakan sutu terobosabn dalam memajukan tingkat kesehatan diindonesia,,,,saya sangat membutuhkan sekali bantuan dalam pembuatan proposal penelitian saya,,,saya meneliti tentang..faktor2 yang berhubungan dengan rendahnya partisipasi pria terhadap KB (keluarga berencana) di samarinda,,apa bisa dibantu,,?
    terima kasih…by: astri

  3. edwin Says:

    terima kasih, SIK (sistem Informasi Kesehatan) saat ini masih menjadi topik/pembahasan yang hangat-hangatnya oleh decision maker dalam perancangan SIK di masing-masing kab.kota. saya berharap Metodologi penelitian untuk sistem informasi kesehatan ini sangat bermanfaat untuk semua institusi/departemen kesehatan dalam pengembangan SIK Nas On Line dan SIM Kes di daerah. kalau bisa mohon di Metodologi penelitian untuk sistem informasi kesehatan dikirim ke e-mail edy.dwipurwanto@gmail.com sebagai bahan referensi saya, maturunuwun

  4. yantie Says:

    saya lagi persiapan bikin proposal penelitian,saya jurusan sistem informasi kesehatan tolong kalo ada info tentang SIK di kirim ke e-mail saya ya. trimakasih sebelumnya.nuhun

  5. jein sumbay Says:

    tolong kirimkan contah proposal penelitian ke email saya…

    thank’s…
    sangat penting…

  6. pipin Says:

    entar lagi menyusun proposal, tolong donk dikirimin contoh proposal sistim info kes. Matur nuwun

  7. itha Says:

    saya lagi nyusun tugas akhir,,,, tapi belum dapat judul yang bikin greget gitu.
    kl bisa saya minta saran, info yang lg HOT dan anget2nya sekarang di dunia perumahsakitan apa y????????
    terima kasih kalau ada tolong krm k email….

  8. achil Says:

    saya siswa apikes panakkukang makassar, saya lagi nyusun proposal tapi tdk tau mo ngambil judul apa, tolong bantuannya semua.
    THX

  9. ely Says:

    saya seorang mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta di makassar. saya sekarang lagi nyusun proposal dengn judul faktor risiko kanker serviks pada pasien rawat inap diRSUD labuang baji makassar. tadi waktu sedang perbaikan sama dosen saya dikasi per tanyaan, pertanyaannya gini”tehnik pengambilan sampelmu apa?” saya jawab “simple random sampling” tus ditanya “gimana caranya menuntukan simple random sampling, dan bagaimana kriteria yang kamu pake”… pertanyaan itu yang jd masalah buat saya, tolong bantuannya yahhhhhhh. thanks buanget apabila dah mau bantu ely

  10. leo dimara Says:

    Sy kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta di makassar dan akhir2 ini sy sdh mau menyusun proposal by.leo

  11. muhammad johansyah Says:

    Salam pak Anis
    Saya mahsiswa simkes tahun 2011, sekarang masih semester 1, sat ini saya ingin sekali memperoleh masukan berkaitan dengan persiapan dalam penyusunan proposal, saya punya topik berkenaan dengan adanya perbedaan data-data survailent Penentuan Setatus Gizi di daerah saya dari tahun ketahun, tinggi dan rendah atau tidak stabil, adakah penomena permasalahn tersebut, itu yang ingin saya kaji ? mohon masukannya atau saran untuk tesis sebaiknya apa, jika ada yang lain ? terimakasih….


Tinggalkan Balasan

