Kuliah di blog? Mengapa tidak….

Hari ini, perkuliahan untuk mahasiswa baru SIMKES dimulai. Sebenarnya, sudah sejak seminggu yang lalu, tepatnya 23 Agustus melalui perkuliahan Core Public Health. Secara seremonial, Kuliah Perdana juga telah dilangsungkan pada 24 Agustus kemarin dengan topik “Solidaritas Lokal dan Global dalam Krisis Kesehatan”. Kuliah yang sangat menarik tersebut menghadirkan Drs. Idham Samawi (Bupati Bantul), Ir. William Syahbandar, PhD (BRR Nias), dr. Astrid Kartika (Health Advisor, BRR Nias), Vijay (EHA-WHO), dr Mariana Tompi, MPH (Binkesmas Depkes), dr. Mubasysyir Hasanbasri, MA dan dr. Hari Purnomo K, MPH, Dr.PH (IKM UGM). Seperti biasa mas Andre menjadikan acara tersebut lebih hidup dengan joke-jokenya yang segar sebagai moderator.Nah, hari ini, topik Sistem Informasi Kesehatan saya mulai. Meskipun memberikan secara maraton 4 sesi berturut-turut, alhamdulillah tidak merasa capek (itupun masih harus ditambah setelah maghrib ngisi di MMR). Seperti sebelumnya, kuliah memang tidak hanya sekedar menyampaikan konsep atau teori. Saya lebih suka diskusi dan mendengarkan pengalaman lapangan.

Sebagai pengantar perkuliahan, saya menyampaikan peta kompetensi mahasiswa SIMKES yang saya bagi ke dalam empat komponen utama yaitu ilmu kesehatan masyarakat, sistem informasi, manajemen informasi dan teknologi informasi. Selanjutnya, kita berdiskusi tentang kondisi yang ada saat ini. Model matrik assessment yang saya ambil dari bukunya Lippeveld (2000) serta Health Metrics Network digunakan untuk latihan bersama.

Karena keterbatasan waktu, tidak semua pengalaman lapangan bisa saya dengarkan. Tetapi mendengar cerita bu Yanti (dari Buton) maupun pak Solihin (dari Balikpapan) menguatkan saya bahwa minat berbagai daerah untuk mengembangkan sistem informasi kesehatan memang cukup kuat. Mereka sebenarnya sudah memiliki inovasi untuk mengatasi masalah-masalah lokal dengan segala keterbatasannya. Nah, dari sanalah saya mengusulkan agar pengalaman-pengalaman tersebut dapat di-share secara online. Cara paling mudah tentu saja membuat blog dan mengenalkan kepada mereka cara mudah memasukkan pengalaman, ide serta pemikiran mereka agar dapat dishare kepada banyak orang. Saya katakan bahwa ruang kelas kita tidak terbatas oleh gedung di atas kantin PMPK tersebut. Kita adalah bagian dari sekolah global (meskipun masih menggunakan bahasa Indonesia). Semoga mereka tidak lelah dan bosan dengan weblog mereka. Selamat…..

Bagi yang hendak berkunjung sila kunjungi http://simkesugm06.wordpress.com

3 Tanggapan to “Kuliah di blog? Mengapa tidak….”

  1. Dani Iswara Says:

    wah asyik..terpapar blog sejak dini..pak anis emang kreatif terus..salut..blognya tambah banyak..ada di wordpress, multiply..mana lagi yaa..good luck..back to project..😀..konsulnya nyusul pak..😀

  2. Anonymous Says:

    thanks berat pak anis, ikhlas banget ngajar di kelas kita. tp jangan lupa lho….jaga STAMINA

  3. tasyrief Says:

    kalau bisa saya mau konsultasi penulisan skripsi yang gratis, asyik kali yaa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: