Sistem informasi kesehatan versus sistem informasi manajemen kesehatan

Keduanya merupakan jargon penting terkait dengan domain sistem dan manajemen informasi di sektor kesehatan. Dalam buku Design and Implementation of Health Information Systems (WHO, 2000) Sauerborn dan Lippeveld menuliskan bahwa sistem informasi manajemen kesehatan hanyalah salah satu subsistem dalam sistem informasi kesehatan. Subsistem lainnya adalah sistem surveilans epidemiologis dan sistem informasi administratif. Dalam buku tersebut jelas terlihat bahwa nuansa kesehatan masyarakat maupun epidemiologi sangat mewarnai. Di sisi lain, mungkin karena memasukkan kata manajemen, buku Jack Smith(2000) yang berjudul Health Management Information Systems: a handbook for decision makers sangat diwarnai pendekatan, konsep dan teori yang terkait dengan sistem informasi dan manajemen informasi. Sehingga, dibahas pula mengenai berbagai tools perencanaan seperti Critical Success Factors, Business Systems Planning, McFarlan-Kenney Strategic Grid dan lain sebagainya.

Kalau begitu, mana yang akan dipilih? Sebagai bahan bacaan, bagaimanapun juga kedua buku tersebut merupakan rujukan penting. Keduanya juga merupakan rujukan utama saat mengajar. Tetapi sebagai rujukan utama, sangat tergantung kepada kurikulum, tujuan pendidikan serta latar belakang mahasiswa. Saat mengajar di S2 SIMKES, saya lebih memilih buku kedua karena dua alasan:
• Sebagian besar mahasiswa adalah sarjana kesehatan masyarakat yang sebagian besar sudah mendapatkan pengetahuan dasar mengenai ilmu kesehatan masyarakat dan epidemiologi. Sehingga mengidentifikasi indikator kesehatan, siklus pengumpulan data kesehatan, metode pengumpulannya merupakan hal yang sangat familiar. Apalagi lingkungan kerjanya memang menuntut aktivitas yang terkait dengan pengolahan informasi.
• Konsep manajemen dan strategi, apalagi manajemen dan strategi informasi merupakan suatu hal yang baru. Hanya saja, agar konsep dan teori tersebut lebih mudah diaplikasikan, berbagai kasus dalam buku WHO perlu diberikan. Kalau tidak….nanti akan melayang kemana-mana.

Ide ini baru sekarang ini aku rumuskan. Sebelumnya, aku hanya mengacu kepada satu buku dan itu pula yang diberikan ke mahasiswa. Selebihnya aku tunjukkan beberapa artikel penelitian. Tantangan yang lebih besar adalah mengadopsi buku tersebut menjadi bacaan yang lebih mudah dibaca. Menulis buatku bukan pekerjaan yang mudah.
Aduh…kapan ya bisa menulis……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: