Contoh publikasi tentang mortalitas pasca bencana: mortalitas dan faktor risiko kematian pada pengungsi tsunami di Sri Langka

Kategori: IKM

Nyambung dengan posting sebelumnya. Ada contoh publikasi menarik tentang faktor risiko kematian pada para pengungsi di Sri Langka. Judul artikelnya adalah: Who died as a result of the tsunami? Risk factors of mortality among internally displaced persons in Sri Lanka: a retrospective cohort analysis.Pendekatan ini dapat digunakan sebagai masukan untuk mereka yang akan melakukan penelitian kesehatan masyarakat. UGM rencananya akan mengerahkan mahasiswa dalam bentuk KKN tematik di salah satu desa di Bantul. Jika mendapatkan bimbingan dengan baik, mereka bisa menghasilkan naskah publikasi yang konteksnya sangat layak untuk masuk ke jurnal internasional.

Penelitian ini dipublikasikan di BMC Public Health bulan Maret 2006 yang lalu. Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan mortalitas serta faktor risikonya pada para pengungsi pasca tsunami Desember 2004 di Sri Langka melalui survei dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di 13 kamp pengungsi. Informasi mengenai anggota keluarga sebelum tsunami dicatat dari responden termasuk setiap kematian yang terjadi semenjak kejadian tsunami hingga hari ke-77 sampai 80. Distribusi mortalitas dan faktor risiko dianalisis menggunakan regresi logistik. Metode sampling, survei serta analisis statistiknya silakan dipelajari lebih lanjut. Ada diskusi menarik mengenai keterbatasan penelitian termasuk bias karena populasinya adalah mereka yang berada di kamp pengungsi.

Ditulis dalam bencana. 2 Comments »

2 Tanggapan to “Contoh publikasi tentang mortalitas pasca bencana: mortalitas dan faktor risiko kematian pada pengungsi tsunami di Sri Langka”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: