Sistem informasi kesehatan (I): pengantar kajian literatur dan daftar tautan

kategori: informatika kesehatan masyarakat, IKM
Dari dulu, aku sebenarnya kepingin nulis tentang topik ini, tetapi nggak pernah kesampaian. Ada beberapa literatur online menarik yang dapat dijadikan sebagai bahan bacaan. Beberapa memang berkaitan dengan Indonesia, namun lebih banyak lagi yang berbahasa asing. Semua tautan masih saya kumpulkan agar dapat diakses di sini.

Dengan pak Hari, kami pernah menulis untuk seminar desentralisasi kesehatan beberapa tahun yang lalu di Jogjakarta. Pembahasan di sana masih sangat superfisial, mestinya tahun ini harus sudah disertai dengan berbagai perubahan seiring dengan banyaknya perkembangan. Pusdatin dengan manajemen baru, semoga juga memiliki konsep pengembangan sistem yang mengacu kepada 4 strategi utama pembangunan kesehatan (apa kabar pak Doti dan bu Hasna). Bakosurtanal dengan mengguakan sebagian data dari BPS juga sudah mengembangkan situs sistem informasi spasial nasional berbasis web (ini kalau digabungkan dengan data rutin akan bagus sekali lho..). Kabupaten Purworejo semakin sering dikunjungi oleh berbagai daerah dan institusi yang berminat mengembangkan sistem informasi, terutama karena inovasinya dalam mengembangkan wide area network. Kabupaten Ngawi sekarang juga cukup moncer sebagai salah satu kabupaten yang dianggap berhasil menerapkan komputerisasi Puskesmas. Sedangkan kabupaten Kulonprogo sudah sejak lama menerapkan komputerisasi di tingkat puskesmas meskipun masih masih bersifat standalone. Jakarta, dengan beban ancaman KLB demam berdarah dengue, juga memiliki sistem pelaporan kasus DBD berbasis rumah sakit yang memanfaatkan teknologi internet. Kami, di SIMKES UGM juga beberapa kali mengadakan seminar dan workshop yang berkaitan dengan sistem informasi kesehatan baik untuk umum maupun khusus diselenggarakan atas permintaan beberapa daerah seperti Kalimantan Selatan dan Jawa Timur, termasuk dalam pemetaan fasilitas kesehatan pasca tsunami di NAD. Berbagai studi mahasiswa, paper, maupun tesis yang berkaitan dengan sistem informasi kesehatan semakin banyak dijumpai di Internet. Dengan segala keterbatasan (waktu serta kemampuan menulis dan berpikir), topik mengenai sistem informasi kesehatan masyarakat pernah dipersiapkan untuk perkuliahan awal di S2 IKM UGM. Namun masih sangat jauh dari sempurna. Demikian juga beberapa bahan bacaan untuk mahasiswa MMR.Makanya sampai sekarang aku masih mencari bentuk bagaimana membuat pengantar yang mudah dibaca, tidak hanya sekedar diary tentang perkembangan SIK, tetapi juga memuat konsep serta state of the art teknologinya. Bukan hal yang mudah memang ya….

Aku pernah bermimpi untuk menerjemahkan buku WHO tentang Development HIS. Tetapi, buku itu menurutku terlalu sederhana, dan belum sepenuhnya memberikan panduan development bagi Indonesia. Mungkin jika teman-teman yang ada di Puskesmas, Dinas Kesehatan (Kabupaten dan Propinsi) serta Pusat yang menuliskan jauh lebih mengindonesia. Kami, teman-teman di universitas (apa kabar teman-teman universitas lain?) mungkin bisa berperan sebagai katalisator, menyediakan referensi, memberikan panduan konsep serta editor sehingga tidak hanya sekedar menjadi proyek buku tetapi dapat memberikan pencerahan bagi teman-teman di lapangan serta menjadi panduan bagi mereka yang akan belajar (berapa banyak mahasiswa FKM, FK, Gizi, Rekam medis dll yang membutuhkan bacaan tersebut).
catatan: masih draft..daftar tautan akan disusulkan pada versi berikutnya

2 Tanggapan to “Sistem informasi kesehatan (I): pengantar kajian literatur dan daftar tautan”

  1. Dani Iswara Says:

    asiik..download ah..tq pak anis..

  2. prAm Says:

    Besok lagi kalo mau kasih materi kuliah, mending e-mail dulu materinya apa aja… tinggal nanti aku download trus tak edit sesuai standar/templeteku nis (lagi kasih tahu pas mepet waktune)… btw matur nuwun


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: