Peta flu burung untuk Google Earth

Beritanya sih sudah basi banget kali ya… tapi karena kemarin barusan nulis tentang flu burung dan Indonesia adalah yang paling parah, yah telat gak papa… Declan Butler, seorang jurnalis, pernah menulis di Nature edisi 5 Januari 2006 mengenai peta flu burung yang dapat ditampilkan melalui Google Earth. Peta yang tersedia dalam format kml tersebut (dapat didownload di sini) memuat informasi mengenai setiap lokasi kasus flu burung baik pada manusia maupun pada unggas. Update terbaru dapat diperoleh di website Declan. Dia menggunakan data dari FAO untuk memetakan kasus pada unggas, sedangkan sumber kasus pada manusia diperoleh dari WHO maupun berbagai sumber-sumber lainnya. Di blognya, dia juga membuat rincian proses pembuatan peta tersebut.

Sayangnya, karena keterbatasan sumber data yang tidak memuat koordinat geografik, beberapa kasus akan ditampilkan tidak di lokasi sebenarnya. Hal ini sangat mungkin terjadi karena dia membuat asumsi sentroid untuk wilayah administratif setingkat distrik, apalagi untuk wilayah administratif yang terdiri dari beberapa poligon. Sehingga, tidak usah heran, jika kasus flu burung pada unggas di Lamongan akan terlempar di Laut Jawa. Nah, ini saatnya kita bisa memberikan kontribusi dengan memberikan koordinat geografis yang lebih akurat agar peta tersebut bisa lebih baik lagi. Sebagai contoh, salah satu pengunjung blognya mengirimkan update mengenai informasi yang lebih rinci tentang kasus di Mesir agar si Declan dapat memperbaiki dengan versi terbaru.

Tips: untuk menampilkan di Google Earth, pilih File –> Open kemudian buka file *.kml tersebut. Kalau diarahkan ke Indonesia, Anda akan melihat peta seperti gambar di atas.

Kategori: geografi kesehatan

3 Tanggapan to “Peta flu burung untuk Google Earth”

  1. Anonymous Says:

    assalamu’alaikumwrwb
    lam kenal,saya dian sekarang gi nguber ilmu di fak kesehatan masyarakat UI Dep.biostatistik n peminatan informatika kesehatan, alhamd sekarang semester 4. Dian baru penjurusan sih jadi belum tau banyak tentang dunia infokes n perkembangannya, alhamd nemu blog ini, tetap semangat!!!

  2. anis Says:

    wa’alaikum salam…
    tetap semangat ya… masa depan masih panjang. masih banyak PR yang bisa dikerjakan. syukurlah blog ini bisa nyumbang semangat….

  3. yahdi mayasya Says:

    Cool….!!!!
    Btw format *.kml bisa dibuka dengan aplikasi apa ya…???
    saya mau lihat, tapi nda bisa bukanya
    Minta tolong ya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: