Perkembangan global kasus Avian Influenza: Indonesia paling parah?

Akhir pekan kemarin (12 Mei) WHO merilis laporan kumulatif perkembangan kasus avian influenza di seluruh dunia yang sudah mencapai 208 kasus. Saat ini, avian influenza pada manusia sudah menjangkiti 10 negara sejak pertama kali ditemukan pada tahun 2003 di Vietnam. Kesepuluh negara tersebut adalah: Azerbaijan, Kamboja, Cina, Jibouti, Mesir, Indonesia, Irak, Tailand, Turki dan Vietnam. Hingga bulan Mei ini, di Vietnam dan Tailand justru tidak dilaporkan adanya kasus pada manusia. Ada tiga negara baru yang pada tahun ini terjangkit flu burung yaitu Azerbaijan dengan 8 kasus (5 diantaranya meninggal), Jibouti 1 kasus selamat, dan Turki dengan 12 kasus dan sepertiganya meninggal. Nampaknya tanda-tanda ke arah pandemi mulai menjalar ke daratan Eropa Asia serta Afrika.

Hingga bulan keempat tahun 2006, Indonesialah yang paling parah. Dari 64 kasus yang ditemukan di seluruh dunia, 16 (25%) diantaranya terdapat di Indonesia. Angka ini sudah hampir menyamai jumlah kasus flu burung di INdonesia tahun kemarin (17 kasus). Yang menyedihkan lagi adalah, laju kematian kasus (atau case fatality rate)nya semakin tinggi. Jika pada tahun kemarin tercatat 64,7%(11 meninggal dari 17 kasus), tahun ini meningkat menjadi 87,5% (14 meninggal dari 16 kasus)!

kategori: IKM

Satu Tanggapan to “Perkembangan global kasus Avian Influenza: Indonesia paling parah?”

  1. boed Says:

    Salah satu cara pencegahan flu burung pada ayam, adalah dengan membuat jamu ayam. Salah satu contoh petani yang berhasil mengimplementasikan jamu ayam untuk mencecah flu burung yaitu JC Soenardi dari Tayu Kulon, untuk selengkapnya di link ini : http://boedblog.blogspot.com/2008/10/jamu-ayam.html


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: