Epi Info bagi mahasiswa SIMKES

Sore ini aku habis mengajar. Cukup capek. Tadi pagi mengenalkan berbagai fungsi Epi Info. Kemarin, kita sudah mengenalkan Epi Info untuk merancang kuesioner untuk memasukkan data fasilitas kesehatan sampai ke menampilkannya ke dalam peta. Hari ini, peserta belajar menggunakan Epi Info untuk menganalisis file Refugee.mdb. Mereka mempelajari cara memilih variabel tertentu (menggunakan perintah select), menampilkan grafik (menu graphic), menggabungkan tabel yang berkaitan (menggunakan menu relate) khususnya tabel Patient dengan tabel TB, sampai merancang formulir yang menghubungkan dua tabel yang saling berkaitan.
Kesulitan peserta terutama adalah memahami konsep tabel relasional. Ini sebenarnya memang kuliah mengenai database. Oleh karena itu, nanti akan aku buat tulisan tentang database agar lebih sederhana. Tetapi, aku kira mereka sudah mulai memahami apa yang disebut dengan database. Jika itu sudah dipahami dengan baik, semoga mereka kelak dapat menjadi trainer epiinfo dan memberikan pelatihan di lingkungan masing-masing.

Sekip, 13 Sept 2005

22 Tanggapan to “Epi Info bagi mahasiswa SIMKES”

  1. Effiyaldi Says:

    Ini baru yg saya butuhkan selama ini….. Pak….. Sy saat ini sedang belajar menjalankan Epi Info 2000. Tapi kesuliatan menjalankannya. Jika bpk tidak keberatan, bersediakah bpk membantu sy untuk mengirimkan panduan/pedoman menjalankan software Epi Info 2000 berikut contoh kasus/soalnya. Biaya copy dan kirim sy yg tanggung pak. Terima kasih sebelumnya…

    Effiyaldi – Jambi

  2. anisfuad Says:

    ada alamat emailnya?

  3. Petro Says:

    hi, hi, hi! Beautiful site.

  4. candra Says:

    mas fuad..saya mahasiswa kedokteran…lagi belajar epi infi..bisa minta pencerahan na ga?
    bisa minta bahan tutorial ato semacam guide buat epi info ga ya..saya kesulitan dalam mengabungkan data dengan map…jadi ketika bikain map…ga jadi gitu\
    maturnuwun….

  5. Fahmi Says:

    Bang Fuad, saya sekarang sedang belajar menggunakan Epi Info program. Saya kebingungan bagaimana cara menggunakannya, maklumlah kami di Aceh serba kekurangan guru dan informasi, bisakah bang Fuad membantu saya mengirimkan pedoman penggunaan sofware Epi Info ? semua biaya akan saya kirimkan segera ke bang Fuad. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    E-mail : ichwan_66@yahoo.com
    Jl. T. Iskandar, Lr. Krueng Doe I, nomor : 9 Lambhuk
    Ulee Kareng Banda Aceh

  6. Rudy Says:

    Assalamualaikum,
    Mas Fuad, saya kepala puskesmas di kota Batu, boleh minta copy panduan epi info? makasih ya mas…

  7. Effiyaldi Says:

    Salamu’alaikum…..
    Pak Anis… Maaf sy baru balas hari ini. Sprt yg pernah sy katakn sebelumnya bahwa sy sangat butuh semacam buku panduan/cara menjalankan Epi Info 2000 serta contoh kasus dan penyelesaiannya. Sy mhn kerendahan dan keikhlasan bpk untuk mengirimkan panduan tsb. Dalam bentuk file boleh juga….. Ini email sy; yaldi1967@yahoo.com.

    Wassalam,

    Effiyaldi

  8. risma khairunisa Says:

    Pa Fuad, saya sedang mencari tempat kursus atau privat program statistik epi info.
    bisakah bapak bantu saya?
    saya tinggal di jakarta selatan.

    jika bpk ada informasi, mohon sms atau miskol ke 0818 654 985.

    thanks, risma

  9. putut wisnu nugroho Says:

    Assalamualaikum pak anis
    sya kepingin belajar lagi mengenai epi info, jika berkenan saya minta soft ware epi info berikut juga contoh soal ato pemecahan soalnya, bisa dibantu ya pak..
    ini email saya : noegie76@yahoo.co.id, maksih sebelumnya

  10. Aidil Says:

    Bisa Minta tolong Tutorial buat Program Efi Infonya?
    Dan dimana ada tempat pelatihan Program Efi Info untuk daerak Pontianak, Makassar atau Jakarta. Terima Kasih…..

  11. Bejo Raharjo Says:

    Apakah kami bisa dibantu dikirimkan manual Epi Info sederhana (bahasa Indonesai) untuk kebutuhan puskesmas. Kami saat ini di seksi pelayanan kesehatan dasar dan rujukan di Dinkes Kab. Sukoharjo, rencana melakukan survei kepuasan pelanggan puskesmas.
    Email : yandassukoharjo@yahoo.com

  12. bayu Says:

    mohon bantuan tutorial epi info. bayu

  13. silveruphe Says:

    mas mohon bantuan nya saya pingin tutorial epi info dari dasar sampai bisa membuat data base untuk peternakan…email saya priatna.ujang@yahoo.co.id. tolong mas.

  14. silveruphe Says:

    kok ga pernah ada balasanya

  15. Iman Muhammad Says:

    Mas….saya juga mohon dengan sangat dikirim tutorial penggunaan Epi Info ke email imanmhd@ymail.com

  16. eci Says:

    saya mahasiswa kesehatan lingkungan mohon bantuan ya pak untuk mempelajari epi info, tolong pak kirimkan panduan ya ke email saya ecilindasari@yahoo.com terima kasih

  17. TOMI JAYADI Says:

    saya mahasiswa rekam medik baru belajar efi info saya minta tolong krimin cara menggunakannya. atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
    email: jay_hunter2012@yahoo.com

  18. andzar Says:

    bapak, saya mau mencoba mempelajari epi info, mohon pencerahannya pak, boleh minta panduan epi info pak? terima kasih pak

    email: andzar16@gmail.com

  19. ardhikesehatanlingkungan Says:

    Dear admin,
    pak,sya baru saja mngenal epi info & sangat mnarik utk lbh sya phami.sya trtarik dngn pnggunaan epi info krna da klbihan maping nya,dbnding spss yg sblumnya sya phami.pak,bsa share pda sya tutorial epi info 7?
    mhob bntuannya,trimakasih pk.
    khairil.ardhi@yahoo.com

  20. Ema Says:

    saya baru saja mempelajari epi info….nah tetapi saat saya belajar analisis….sementara kan saya masih pakai data bawaan epi info yaitu data oswego….saat coding kok gak mau ya…misalkan coding umur… 0-25 saya coding 1, 26-50 saya coding 2, dst…nah saat saya ok…terus saya buka lg listnya…itu error gak mau buka listnya…..itu knp ya?? berkali2 saya uninstall programnya terus saya install lagi kok tetep seperti itu…apakah berpengaruh thd programnya atau laptopnya???

  21. laptop servis Says:

    You are so cool! I do not believe I’ve read through anything like that before. So nice to discover another person with some original thoughts on this subject. Seriously.. many thanks for starting this up. This website is something that is required on the web, someone with a little originality!

  22. drg yunita Says:

    Pa puad sy sedang buat tesis mengunakan program epi info, tapi saya msh bingung bisa di bantu dikirimkan panduanya dan cara matching dataya. Emai saya yunita.santik@gmail.com


Tinggalkan Balasan

